Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Monday, November 10, 2014

Aku memilih pulang

Aku sadar, bahwa aku sudah terlalu banyak bertanya. Tentang ini dan itu. Tentang masa depan yang tidak terlihat bahkan setitik saja. Aku tidak bisa menerawangnya, memastikan apakah semuanya akan menjadi baik-baik saja atau menjadi buruk. Tapi aku sibuk menerka-nerka, menghubung-hubungkannya dengan apa yang terjadi padaku kini. Dan akhirnya aku begitu ketakutan menghadapi apa yang belum terjadi. Seperti anak SD kelas satu yang ketakutan tidak lulus ujian nasional. Gagal. Aku telah gagal memahami...

Aku tahu, segala sesuatu di alam semesta ini berkaitan. Keputusan yang kita ambil sekarang akan berdampak pada apa yang terjadi esok. Tapi terkadang aku lupa, Allah yang sesungguhnya akan mengatur segalanya. Dan aku memilih jalan pulang...

Alhamdulillah, di tengah kekalutan, aku punya sesuatu yang bisa kudengar. Nasihat dari seorang syaikh. Terimakasih kepada Allah yang telah menciptakan manusia-manusia cerdas yang mampu memotong dimensi ruang dan waktu sehingga aku yang ada di Indonesia bisa mendengar ceramah luar biasa dari ustadz di Amerika sana. 

Shalat Istikharah, itu judul ceramahnya.

Saat kita bingung, kalut, lalu kita ingat Allah, melakukan istikharah, tandanya kita sudah memasrahkan dan mempercayakan segala urusan kepadaNya. Ketika hal itu terjadi, tenanglah, Allah akan mengatur segalanya untuk kita, sebaik-baiknya.

Mungkin kita sering menggunakan GPS, saat kita pergi dan salah arah maka GPS tersebut akan berteriak, wrong direction, atau semacamnya. Intinya GPS tersebut akan mengarahkan kita ke jalan yang benar. Nah, dalam Islam, Shalat istikharah adalah GPS kita. 

Saat sudah melakukan istikharah dengan tulus, benar-benar pasrah tanpa memperturutkan hawa nafsu, jangan menyesal. Allah telah menunjukkan jalan terbaikNya untuk kita.

Lepas istikharah, kita juga bisa meminta nasihat pada orang-orang yang mengerti, yang lebih berpengalaman,bisa jadi jawaban mereka adalah bagian dari jawaban istikharah, karena sesungguhnya jawaban istikharah tidak perlu menunggu mimpi.

JawabanNya adalah sebuah kemantapan dalam hati. 

Lalu bagaimana kalau kita salah mengambil keputusan?

Karena sejak awal kita telah mempercayakan semua pada Allah, maka Allah akan membuat yang baik-baik saja untuk kita. 

Istikharah memang bukan hanya perkara nikah, tapi karena selama ini istikharah identik dengan hal tersebut maka contoh ini juga akan mengarah ke sana.

Misal kita shalat istikharah untuk memilih pasangan. Lalu tanpa kita tahu, ternyata keputusan kita salah. Allah yang akan mengatur segalanya, akan ada sesuatu yang terjadi yang membuat pernikahan kita tidak jadi terlaksana. Mungkin kita sakit, tapi itulah keputusanNya. Yang terbaik untuk kita.

Namun jika pernikahan tersebut baik untuk dunia dan akhirat kita, Allah akan arrange agar pernikahan tersebut terjadi. Tenanglah :)

Bacalah doa istikharah ini, betapa kepasrahan pada apa yang Allah pilihkan untuk kita begitu menenangkan batin. Allah....

Allahumma inniy astakhiiruka bi ‘ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal ‘azhim, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa ‘Abdullah’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amru khairul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa ‘aaqibati amriy” atau; ‘Aajili amriy wa aajilihi faqdurhu liy wa yassirhu liy tsumma baarik liy fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amru syarrul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa ‘aaqibati amriy” aw qaola; fiy ‘aajili amriy wa aajilihi fashrifhu ‘anniy washrifniy ‘anhu waqdurliyl khaira haitsu kaana tsummar dhiniy.”

Ya Allah aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmuMu dan memohon kemampuan dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon karunia-Mu yang Agung. Karena Engkau Maha Mampu sedang aku tidak mampu, Engkau Maha Mengetahui sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah yang Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah bila Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, bagi agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku ini -atau beliau bersabda: di waktu dekat atau di masa nanti- maka takdirkanlah buatku dan mudahkanlah kemudian berikanlah berkah padanya. Namun sebaliknya ya Allah, bila Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untukku, bagi agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku ini -atau beliau bersabda: di waktu dekat atau di masa nanti- maka jauhkanlah urusan dariku dan jauhkanlah aku darinya. Dan tetapkanlah buatku urusan yang baik saja dimanapun adanya kemudian jadikanlah aku ridha dengan ketetapan-Mu itu”. Beliau bersabda: “Dia sebutkan urusan yang sedang diminta pilihannya itu”. (HR. Al-Bukhari no. 1162)
Allahuakbar!

Aku memilih pulang. Aku percaya saja padaNya, apapun yang Dia mau, aku mau. :)
 


Tuesday, October 28, 2014

Ketepatan Ketetapan

Membayangkan kedamaian, sesuatu yang rasanya ada di hati. Tidak terdefinisi, tapi kita merasa tenang saat dia ada. Apalagi jika dia datang di saat yang tepat. Saat hidup terbentur dengan berbagai hal yang tidak kita inginkan.Ia seperti setetes embun di atas daun yang mulai kering. Sedikit, tapi yang sedikit itu begitu menyejukkan.

Hidup adalah kumpulan ketetapan. Dan ketetapan yang telah ditetapkan untuk kita, semua merupakan hak Nya. Kita tidak bisa memilih, mengambil yang kita inginkan atau membuang yang tidak kita mau , namun untungnya Allah membekali kita dengan sesuatu yang ampuh, doa.

Ya, kita memang tidak bisa memilih untuk melekatkan ketetapan yang kita anggap baik saja. Tapi kita bisa meminta agar Ia menetapkan sesuatu yang baik-baik saja dan menjauhkan ketetapan yang buruk terhadap kita.

Masalahnya, kita tidak tahu apa-apa. Sedangkan Allah begitu maha tahu. Allah tahu bagaimana menetapkan ketetapan terbaik untuk kita, dengan pengetahuanNya, dengan caraNya yang sayangnya berbeda dengan keinginan kita.

Lalu kita menganggap bahwa ketetapan yang Ia tetapkan salah besar, tidak tepat sasaran. Kita berteriak, menggugatNya “Seharusnya tidak begini!” Hanya karena semua tidak berjalan sesuai keinginan hati.

Kedamaian itu bukannya datang, malah menjauh. Kita sibuk berprasangka buruk. Entah pada orang-orang sekitar, pada kehidupan, bahkan pada pencipta kehidupan.

Tapi bukankah aneh, ketika manusia yang tidak tahu apa-apa menyalahkan Allah yang maha tahu. Bukankah dengan seperti itu kita akan terlihat pilon?

Ya, pada kenyataannya kita memang pilon. Untuk itulah kita harus belajar. Belajar menyadari bahwa dengan kemahatahuan Allah, segalanya serba tepat. Tidak mungkin meleset termasuk ketetapan untuk kita.

Kita hanya perlu percaya bahwa segala ketetapan telah diatur oleh sang maha kuasa dengan sebaik-baiknya. Kita tidak perlu cemas, jikapun kita masih merasa ketetapannya kurang tepat, kelak Ia akan memberikan jawaban yang membuat kita percaya bahwa segala ketetapan ini memang yang terbaik, insya Allah. Dan saat itulah damai akan mendekat, lalu pelan-pelan masuk ke dalam hati. InsyaAllah...


Dan... sadarkah, bahwa damai ini juga sebuah ketetapan-Nya?



Thursday, October 23, 2014

Tutorial pancingan membuat quotation

Helow, kali ini saya akan memenuhi janji yang sudah sejak kapan hari dibuat. Banyak yang tanya cara untuk membuat quotation seperti ini :

Tidak butuh corel atau photoshop untuk membuat quote di atas. Selama ini saya pun membuat marQuote hanya via tab.

Jadi buat temen-temen yang mau ikutan bikin, ada beberapa hal yang harus diketahui.
1. Gunakan smartphone android-layar sentuh. (Mungkin di luar android bisa, tapi sayanya yang nggak tau :p )
2. Gunakan tab. Ini sih hanya untuk memudahkan saja, tab kan punya layar lebar, bahkan bisa buat telenan
3. Unduh dari google play >> picsart : untuk mendesain , pixlr: untuk bikin tulisan.
Memori picsart memang guedhe, dibutuhkan kesabaran saat mengunduhnya, tapi yakinlah kesabaranmu akan berbuah indah :D

Nah, berhubung ini cuma tutorial pancingan jadi saya tidak akan memberitahu caranya sampai detil. Harapannya sih teman-teman bisa berkreasi sendiri dan menemukan sendiri cara terasik bikin quotation versi kalian ;)

so, cekidot

TAHAP 1
1. Buka picsart >> draw >> draw blank

2. Atur ukurannya, supaya bisa diupload di instagram aturlah ukurannya menjadi persegi yang artinya ukuran width dan heightnya sama (yaelaaah pasti kalian dah ngerti kan, maaf saya bawel :D)

3. Setelah diatur ukurannya dan di "OK" akan ada gambar putih, udah tinggal centang ajah.

4. Berikutnya, perhatikan bar bagian bawah geser ke kiri dikit daan cari bagian "shape mask" >> klik




5. Keluarlah beberapa shape di bar bagian bawah. Kalian tinggal pilih yang sesuai hati nurani. Loh-loh tapi kok nggak keliahatan. Itu karena backround yang kita buat tadi warna putih. Untuk mengubahnya menjadi pola-pola, coba klik bagian pojok kiri bawah.


Kalian pilihlah mau pola yang mana...

6. Tadaaaa akan jadi seperti ini . Kalau sudah mantab, klik centang dan save. Cara savenya, habis dicentang nanti di pojok kanan atas akan ada icon download, nah tinggal di klik ajah. Sorry belom sempet nge skrin syut.

TAHAP 2
Di tahap 2 ini, kita akan mulai menulis-nulis menggunakan pixlr. Kenapa nulisnya nggak pake picsart sekalian? Karena di picsart kita cuma bisa nulis sebaris-sebaris. Kalau di pixlr kita bisa menulis separagraf, selain itu kita juga bisa membuatnya jadi rata kanan, kiri dan tengah. Bukan cuma itu pilihan font di pixlr lebih banyak dari picsart :)

Mulai yaa...
1. Buka pixrl . Biasanya sih gambar yang barusan kita save akan muncul di bagian "fresh". Tapi kalau nggak ada, klik "photo" dan carilah gambarmu di galery


2. Mohon maaf gambarnya beda, ane pake gambar lain, tapi intinya sama kok. Setelah di buka gambarnya, lihat di bar bagian bawah lalu klik "type".

3. Akan ada banyak pilihan font, pilih salah satu
Tulis kata-katamu lalu di OK


4. Loh kok nggak kelihatan? Jangan panik. Nggak kelihatan karena font kita berwarna putih. Kalian bisa ubah dengan meng klik "color" dan kalian bisa atur warnanya.

5. Selesai, tapi kalau kalian merasa tulisannya kegedean atau kekecilan, bisa kalian atur dengan mencubit-cubit bagian tulisannya :D. Final step, tentu saja apa yang kalian buat harus di save . Selesaaaiiiii!!  horeee!! :D


Nah teman-teman, itu tadi cara membuat quotation. Sederhana kan?

Well, di picsart kalian juga berkreasi dengan fitur "clipart". Untuk mendapat pilihan yang banyak kalian bisa klik shop dan unduh beberapa hal gratisan di sana :D. Oke selamat membuat quotation, kalau udah jadi aku di tag ya di FB ;)

Tuesday, October 14, 2014

Dear Motor, Maaf dan Terimakasih

Apa yang ada pada kita, semuanya, SEMUANYA adalah milik Allah. Kita lahir dengan berbagai kelengkapan yang menyertai kita, ya organ dalam, ya organ luar semuanya milik Allah. Apapun, APAPUN yang seolah-olah kita miliki pada kenyataannya adalah milik Allah. Really, kita nggak punya apa-apa, termasuk diri kita sendiri.

Lalu saat dewasa kita mulai dititipi Allah hal lain . Banyak sih ya, saya nggak bisa sebut satu-satu. Tapi satu hal yang bikin saya istighfar adalah titipan Allah pada saya yang berupa motor. Saya punya motor, warna hitam, keluaran lama, mereknya Suzuki apaaa gitu, tapi dia lebih dikenal dengan sebutan Suzuki Kebo. 

Jujur saya suka malu gimanaaa gitu kalau harus pergi naik motor saya. Ya bisa dibilang motor saya termasuk motor butut :p. Mau kondangan, udah dandan kinclong, eh motornya butut. Kan jadi nggak macthing cyn. Pergi ke mana, beberapa orang memandang motor saya dengan tatapan, duh, mesaake banget sih. Bahkan saat parkir, mungkin motor lain malu jejeran dengan motor saya. Kwaaa kwaaa kwaaak...

Lalu saya mendengar ceramah Aa'Gym tentang hal-hal yang mengotori hati. Salah satunya adalah cinta dunia. Orang yang cinta dunia, akan memandang dunia dengan BERLEBIHAN. Punya barang bagus bangga, punya barang jelek minder. JLEB! Waduh, hati saya musti hati-hati nih. Saya mulai tanya sama diri sendiri.
Kenapa kamu minder sama motor titipan Allah itu? Kalau Allah kasih kamu titipan yang lebih baik, apakah kamu akan lebih senang, lebih bangga? Dan sayup-sayup saya mendengar jawaban iya...

Astaghfirullahaladzim....
Ternyata saya terindikasi cinta dunia T,T

Buat apa? Buat apa bangga atau minder terhadap hal yang sama sekali bukan milik kita. Saya tanya pada diri sendiri. Apa yang kamu harap dari orang-orang saat melihat kamu punya motor bagus? Pujian? Pandangan kagum? Pujian orang paling cuma berapa detik doang "Cieee, motornya baru. Bagus banget." Udah gitu doang, tapi hati ini jadi kotor. Jadi ujub. Jadi lupa bahwa semua bukan punya kita. 

Lalu kenapa kamu malu punya motor jelek? Takut diejek orang? Kata Aa Gym kita nggak ada urusan dengan orang yang ngejek kita, kalau ada yang ngejek itu mah urusan dia dengan Allah. Urusan kita, bagaimana menjaga hati supaya tidak kotor. Bagaimana bisa qanaah menerima titipan Allah apapun bentuknya. Tidak kufur nikmat. Ibarat kata, kalaupun kita nggak dikasih titipan aja kita nggak boleh protes, lah ini Allah sudah kasih titipan berupa motor yang bisa dipakai, memudahkan mobilitas kemana-mana, nganter kerja, nganter menuntut ilmu, nganter cari pahala. Kenapa masih merasa kurang? Toh motor butut, nggak butut cuma masalah bodi. Untuk fungsinya, selama sama-sama bisa digunakan berarti mereka sama aja.

Bukan berarti kita nggak boleh suka sama hal yang bagus. Boleh-boleh aja, kaga salah, tapi jangan sampai kita merasa mulia dengan hal yang bagus itu. Merasa lebih tinggi derajatnya cuma gara-gara barang yang BUKAN PUNYA KITA! Biasa sajalah terhadap barang-barang titipan ini.

MasyaAllah...

Alhamdulillah Tor, Motor, makasih ya sudah ngajarin banyak hal. Maaf kalau selama ini suka gengsi-gengsi nggak jelas saat bawa kamu ke suatu tempat, suka ngerasa kamu nggak pantes berderet dengan motor lainnya, ah padahal kan kamu yang selalu setia nemenin saya. Maaf Tor, besok lagi saya akan menunggagimu dengan penuh syukur. Bukankah kita sahabat seperjuangan. Mari kita salaman dulu ;)


Monday, October 13, 2014

Menikah Itu Masalah KehendakNya bukan Yang Lain


Semakin banyak teman yang menikah, semakin sering saya berkumpul dengan teman yang belum menikah. Maklum yang sudah menikah punya teman baru yang pastinya harus diprioritaskan :). Lalu, seperti biasa, pembicaraan akan dimulai dengan mengomentari teman yang menikah, alhamdulillah ya si Z sudah menikah, si W sudah menikah dan semua yang diawali dengan alfabet lain juga sudah menikah. Dan tiba-tiba hening...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
Heningnya kelamaan woy!

Oke lanjut, 
Keheningan ini tidak lain dan tidak bukan lantaran pada akhirnya-mau tidak mau- kami harus mikir- bully apa lagi ya, yang bakal dilontarkan pada single seperti kami ?

Manusia-manusia yang baru nikah itu ( ya kaga semua sih), semacam kurang afdhol kalo belum menanyakan kapan nyusul?  Nungguin apa sih? Apa sih yang bikin kamu nggak nikah-nikah? ke orang yang belum nikah, seolah-olah pernikahan mereka belum SAH jika belum menanyakan hal itu pada kami *oke saya berlebihan.

Well, well in 25 my age, sebenernya normal dan wajar aja sih semua itu terjadi. Dan alhamdulillah saya punya temen yang memacu saya buat nikah, bukan yang...

"Nggak usah nikah , buat apa kalau akhirnya kita cuma disakiti!" 
"Nikah tuh nggak enak , kita nggak bisa bebas lagi!"
"Kalau mau nikah, mending nikah sama diri sendiri aja yang bener-bener mengerti kita." Laar! sakit!

Alhamdulillah saya dikelilingi orang-orang yang masih memandang menikah untuk memuliakan sunnah. Menjauhkan diri dari fitnah dan ingin meraih barakah *aseek nge rhyme :p

But, my lovely brotha and sista, memaksa orang buat nikah secara berlebihan ( ya kali tiap ketemu ditanyain kapan nikah -_-) sesungguhnya membuat iman kalian terhadap takdir Allah dipertanyakan!

Nah lo!

Hei, kita sama-sama tau kan, bahwa menikah itu bukan masalah... Aku pengen nikah >> aku milih ikhwan/ akhwat >> dapet>> terus besoknya kita nikah. No! Nikah itu masalah kehendak Allah.

Kalau Allah belum berkehendak, mau kita udah dapet calon juga ga bakalan nikah-nikah. Tapi kalau Allah sudah berkehendak, meskipun seolah-olah gak ada orang yang minat sama kita *sounds so desperate, gampang banget bagi Allah untuk... Taraaaa ngirim prince charming ke rumah kita lalu besoknya kita nikah. Gampang sipil markupil, syaratnya apa? Allah BERKEHENDAK!

Sekarang, siapa yang bisa maksa Allah? Nggak ada! Termasuk para single yang agamanya masih separo ini. Jadi bagaimana cara kami menjawab pertanyaan kalian, kalau kami sendiri tidak tahu jawabannya?

Kami nggak nikah-nikah juga bukan karena nggak pengen nikah, bukan karena kami kaga ikhtiar (ada juga sih yang kaga ikhtiar, cuma pengen doang :p) , tapi beneran deh sebagian besar kami sudah berikhtiar, dan memang Allah belum berkehendak menikahkan kami dalam waktu dekat. Allah pasti tau kapan saat yang paling tepat untuk kami. Tenanglah, kalian tidak usah khawatir kami menjadi gila karena nggak nikah-nikah.

Dan meskipun dalam benak kami harus selalu tertanam keinginan menikah, karena menikah adalah sunnah. Tolong doakan kami supaya pikiran kami tidak hanya dipenuhi dengan perkara nikah, pacu kami untuk menyelesaikan segala amanah lain dengan baik. Tolong bantu ingatkan kami untuk lebih mendekatkan diri pada Allah saja, agar kami lebih bisa menjaga hati, memperbaiki diri, bukan sekadar untuk mengejar pasangan sehati, tapi semata-mata untuk meraih ridha Illahi. Sungguh saya khawatir esensi menikah jadi kurang termaknai dan terganti dengan perasaan takut dibully. Bukankah karena Allah juga kita menikah. Dan bukankah menikah, tidak menikah tetaplah Allah yang menjadi tujuan. Semoga kita semua sama-sama bisa meluruskan niat. Semoga kita selalu yakin bahwa takdir Allah selalu tepat!

Wallahualam bishawab.

*pict : we heart it