Saturday, July 16, 2011

Resep Wedhang Secang, The Javanese F*NTA!

ehehe tadi ane ke sogan lagi lho... kali ini dengan judul kunjungan "mencari flash disc yang hilang", biasalah kalo ke sogan ga afdhol kalo ga makan. Aku sama temen ku buka2 daftar menu deh, kebetulan ni badan rada not delicious jadinya aku pengen banget minum yg anget2. Pandangan mataku langsung tertuju pada menu beverage "wedhang secang pandan" owch harganya lumayan geto... gapapalah demi sensasi secang di siang hari...eh ternyata aku malah di traktir ama temen ku (makasih Dynta :) ),muach2 :p. Abis minum tuh wedhang rasanya segerrrr beneerrrrr... langsung searching dah resepnya, biar besok bisa bikin sendiri :)

wedhang secang pandan Sogan
ane copass dari sini !

Bahan :
  • 5 biji Cabe Jawa    
  • 5 biji Kemukus
  • 5 biji Kapulaga
  • 5 biji cengkeh
  • 1 ruas jari jahe, dibakar
  • 1 batang sereh (putihnya saja)
  • 1 potong kayu manis
  • 1 jumput kayu secang
  • 5 gelas air putih
  • gula batu/gula pasir/madu secukupnya


Cara Membuat :
1. Semua bahan kecuali kayu secang dan gula dicuci bersih dan direbus dengan api kecil agar zat yang terkandung di dalamnya dapat keluar dengan sempurna. Setelah air berwarna kecoklatan dan berbau harum, masukkan kayu secang dan panci ditutup hingga air mendidih dan berwarna kemerahan.
2. Tambahkan gula atau madu sesuai selera.
Catatan :
1. Untuk merebusnya, sebaiknya gunakan alat perebus yang terbuat dari gerabah yang terbuat dari tanah liat karena gerabah bisa mempertahankan aroma dari wedang secang
2. Sajikan wedang secang dalam poci tanah. Dijamin lebih nikmat dan lebih terasa tradisional.
3. Sebaiknya menggunakan madu sebagai pemanis bagi penderita penyakit diabetes.
kalo di sogan sendiri wedhang secangnya emang di sajikan langsung pake poci, masih panas membara gitu dah, ehehe nendang lah pokok e... terus selain itu wedhang secangnya di temenin sama camilan kue kecik nyamnyam...
yang kiri Dynta, yang kanan dhita :)


0 komentar:

Post a Comment